Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Yudi Setiawan
Berbagi Informasi Seputar Pendidikan, Kesehatan dan Hiburan

Tips Memilih Hewan Untuk Kurban

tips memilih hewan kurban 2018, idul adha, bagus, murah, domba garut, harga, 1439 hijriah, h
Tips Memilih Hewan Untuk Kurban. Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban, banyak sekali pedagan dadakan dipinggir jalan yang menawarkan hewan untuk kurban dengan harga yang bervariasi dan kwalitas yang berbeda tentunya. Tetapi ada beberapa kriteria hewan kurban yang layak anda pilih.
cara memilih hewan kurban

Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih hewan kurban, yaitu :

Jenis Hewan Kurban


Hewan yang bisa dijadikan untuk berkurban adalah unta, kambing, domba, sapi atau kerbau dan ini sudah menjadi ketentuan dalam syariat islam.

Syarat Umur


Adapun syarat berikutnya untuh sahnya berkurban adalah berbeda beda, seperti unta umurnya sudah lima tahun, kambing dan domba satu tahun, sapi atau kerbau dua tahun.

Struktur Gigi


Hewan kurban harus sudah mengalami pergantian gigi seri bagian depan dan bawah. Adapun bentuk gigi susu kecil dan runcing sedangkan gigi tetap dari hasil pergantian atau yang baru besar dan rata.

Kondisi Hewan Kurban


Hewan kurban harus dalam keadaan sehat dan tidak menunjukan tanda kurang sehat seperti demam, nafsu makan kurang, penyakit kulit, ada ekskreta dari bagian lubang hidung, bulu yang kusam, mata layu dan kusam serta kotor, diare dan lemah, cacat ( pincang, buta, tidak ada telinga ) dan kurus.

Hewan kurban sehat ciri-cirinya cuping hidung basah ( bukan karena penyakit flu ), bersih dan mengkilap bulunya, detak jantung dan nafas normal, nafsu makan bagus.

Nah begitulah beberap tips dalam memilih hewan kurban yang bisa ditulis kali ini, semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Post a Comment