Soal UAS/ PAS SMK Kelas 11 Pengantar Ekonomi Bisnis Prog AK / OTP Semester 1. Soal Latihan Ujian Akhir Semester Sekolah Menengah Kejuruan Kelas XI Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis untuk Program studi AK/ AP Th. 2018 dengan bentuk soal pilihan ganda dan essay sebanyak 25 butir soal dan dilengkapi dengan kunci jawaban.
1. Perhatikan pernyataan dibawah ini:
1) Jumlah penjual dan pembelinya sama banyak.
2) Produk yang dijual bersifat homogen.
3) Pembeli bebas memilih produk.
4) Distribusi produk lancar.
Yang termasuk ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah...
a. 1 dan 3
b. 1, 2, dan 3
c. 2 dan 4
d. 4 saja
e. Semua benar
2. Yang termasuk pasar persaingan monopolistik, kecuali...
a. Pasar novel
b. Pasar Film
c. Pasar CD
d. Pasar Kartu ucapan
e. Pasar wortel
3. Yang termasuk pasar oligopoli adalah...
a. Pasar mobil
b. Pasar tomat
c. Pasar permainan komputer.
d. Pasar telur
e. Pasar kentang
4. Yang termasuk ciri-ciri pasar monopoli, kecuali...
a. Penjual hanya satu sedangkan pembeli banyak.
b. Pembeli tidak memiliki piihan lain ketika membeli barang.
c. Keuntungan terpusat pada satu perusahaan.
d. Harga ditentukan perusahaan.
e. Persaingan melalui iklan sangat kuat.
5. PT PLN adalah salah satu contoh pasar monopoli. Monopoli PLN diperoleh dari..
a. Trust
b. kartel
c. kewenangan pemerintah
d. hak cipta
e. hak paten
6. Pasar yang pembentukan harganya ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran serta memperjualbelikan barang yang bersifat homogen sehingga pembeli dan penjual tidak dapat memengaruhi harga merupakan ciri pasar ...
a. Monopoli
b. Monopolistik
c. Monopsoni
d. Persaingan sempurna
e. Oligopoli
7. Suatu pasar yang didalamnya terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang serupa, tetapi memiliki perbedaan pada beberapa aspek adalah pengertian dari pasar...
a. Monopoli
b. Persaingan sempurna
c. Persaingan monopolistik
d. Oligopoli
e. Monopsoni
8. Pasar monopoli adalah pasar yang ...
a. Didalamnya hanya terdapat satu orang atau satu perusahaan yang memasok suatu barang atau jasa yang tidak mempunyai barang atau substitusi yang diket
b. Didalamnya hanya terdapat satu pembeli dan yang menentukan harga adalah pembeli
c. Pemasok barangnya hanya 4 atau 5 perusahaan dan barang yang diperdagangkan bersifat homogen
d. Harga jual nya di pengaruhi oleh pembeli yang hanya terdiri dari satu perusahaan, tetapi barang yang disediakan beraneka ragam
e. Didalamnya terdapat banyak pembeli dan penjual yang memperjualbelikan barang yang
relatif sama,tetapi memiliki ciri khusus
9. Barang yang diperdagangkan homogen dan sulit dibedakan; informasi pasar lengkap serta harga tidak dapat dipengaruhi oleh pihak manapun adalah ciri pasar...
a. Monopoli
b. Persaingan monopolistik
c. Persaingan sempurna
d. Oligopoli
e. Monopsoni
10. Perusahaan monopoli timbul karena ...
a. Ada satu peruahaan yang bersedia menjual suatu produk atau jasa sebesar harga pokok
b. Mendapat hak paten untuk memproduksi suatu barang atau jasa yang tidak memiliki barang substitusi yang dekat
c. Memiliki politik dagang yang mula-mula menjatuhkan harga setelah perusahaan lainnya bangkrut sehingga perusahaan itulah yang menguasai penawaran barang disuatu pasar
d. Pasar begitu kecil dan pemasokan nya sekitar 8-10 perusahaan
e. Ada perusahaan yang dapat menjual barang dibawah harga pasar dalam waktu relatif lama
11. Salah satu perbedaan pasar persaingan monopolistik dan pasar monopoli adalah...
a. Jumlah pelaku pasar
b. Jumlah konsumen
c. Jenis barang
d. Cara pemesanan barang
e. Layanan purnajual
12. Berikut ini yang bukan ciri-ciri pasar monopoli adalah ...
a. Hanya ada satu orang atau perusahaan penjual
b. Terdapat banyak pembeli
c. Produknya tidak memiliki barang substitusi yang dekat
d. Ada hambatan untuk masuk pasar
e. Barang yang diperdagangkan juga dijual oleh banyak penjual
13. Hal-hal yang ada pada suatu pasar:
1) Barang yang diperdagangkan tidak memiliki barang substitusi yang dekat
2) Banyak pembeli dan banyak pula penjual
3) Hanya ada satu perusahaan yang menguasai penawaran suatu barang, dan
4) Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen dan sulit di bedakan
Ciri pasar untuk perusahaan monopoli ditunjukkan pada nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 3 dan 4
14. Ciri-ciri yang terdapat pada suatu pasar :
1) Banyak pembeli dan penjual.
2) Barang yang ditawarkan sama, tetapi berdeda pada kemasan, cara layanan purna jual dan lain-lain.
3) Barang yang ditawarkan bersifat homogen dan sulit dibedakan.
4) Ada hambatan untuk masuk pasar, dan
5) Produsen harus aktif melakukan promosi.
Ciri pasar persaingan monopolistik kategorikan pada nomor ...
a. 1,2, dan 3
b. 1,2, dan 4
c. 1,2, dan 5
d. 2,4, dan 5
e. 3,4 ,dan 5
15. Kurva untuk memperoleh laba maksimum dan titik pulang pokok pada pasar monopoli terjadi pada saat...
a. MC = MR
b. MR = D
c. MC = AC
d. MR = P + Q
e. MC = P X Q
16. Model Cournot dapat diterapkan dengan asumsi di pasar oligopoli terdapat.....
a. Satu perusahaan
b. Dua perusahaan
c. Lebih dari 10 perusahaan
d. Antara 3-10 perusahaan
e. Lebih dari 30 perusahaan
17. Berikut ini yang bukan ciri pasar monopoli adalah ...
a. Adanya hambatan untuk masuk dalam pasar monopoli
b. Terdapat banyak pembeli
c. Hanya ada satu perusahaan atau satu orang penjual
d. Barang yang diperdagangkan bersifat homogeny dan banyak penjualnya.
e. Produk pada pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti yang dekat
18. Ciri-ciri pasar sebagai berikut:
1) Hanya ada satu perusahaan yang menguasai penawaran suatu barang
2) Perusahaan yang terjun dipasar antara 2-10 perusahaan
3) Tindakan suatu perusahaan memengaruhi tindakan perusahaan lainnya
4) Harga ditentukan oleh satu perusahaan
Ciri pasar oligopoli ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 2 dan 4
19. Berikut ini adalah nama-nama perusahaan.
1) PT Pos Indonesia
2) PT Astra Internasional
3) PT Kereta Api Indonesia
4) PT HM Sampoerna
Perusahaan monopoli ditunjukkan pada nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 3 dan 4
20. Produk pada Warung Makan Sederhana yang mengelola Masakan Padang, lebih tepat dimasukkan pada pasar….
a. Oligopoli
b. Monopoli
c. Persaingan monopolistik
d. Persaingan sempurna
e. Monopsoni
B. Essay
1. Apa yang dimaksud dengan pasat Oligopoli dan tuliskan ciri-ciri pasar oligopoli (min 3 buah) !
2. Bagaimanakah harga bisa terbentuk di pasar persaingan sempurna? Jelaskan jawaban kamu!
3. Berikan contoh produk pada pasar persaingan monopolistik dan faktor apa saja yang memperngaruhi pasar persaingan monopolistik (tuliskan min 3 buah)?
4. PT. Dalle Perkasa sebuah perusahaan monopoli memproduksi sebuah alat “ANTI NYONTEK” dengan kapasitas produksi pada tahun 2016 sebesar 100 ribu unit. Harga per unit alat tsb adalah Rp.5.000. dan pada tahun 2017 kapasitas produksi 200 ribu unit dengan harga per unit Rp.10.000. Hitunglah :
a. Total Revenue PT. Dalle Perkasa tahun 2016 dan 2017 jika semua barang yang diproduksinya habis terjual!
b. Marginal Revenue periode 2016-2017
c. Marginal Cost pada posisi laba maksimum periode 2016-2017!
5. Dari soal no.4. seandainya perusahaan ingin mendapatkan Total Revenue sebesar Rp.4 Milyar di tahun 2018 dengan kemampuan produksi 400 ribu unit, hitunglah :
a. harga jual yang harus ditetapkan untuk per satuan unitnya?
b. Marginal Revenue periode 2017-2018
c. Marginal Cost pada posisi laba maksimum periode 2017-2018!
1. Perhatikan pernyataan dibawah ini:
1) Jumlah penjual dan pembelinya sama banyak.
2) Produk yang dijual bersifat homogen.
3) Pembeli bebas memilih produk.
4) Distribusi produk lancar.
Yang termasuk ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah...
a. 1 dan 3
b. 1, 2, dan 3
c. 2 dan 4
d. 4 saja
e. Semua benar
2. Yang termasuk pasar persaingan monopolistik, kecuali...
a. Pasar novel
b. Pasar Film
c. Pasar CD
d. Pasar Kartu ucapan
e. Pasar wortel
3. Yang termasuk pasar oligopoli adalah...
a. Pasar mobil
b. Pasar tomat
c. Pasar permainan komputer.
d. Pasar telur
e. Pasar kentang
4. Yang termasuk ciri-ciri pasar monopoli, kecuali...
a. Penjual hanya satu sedangkan pembeli banyak.
b. Pembeli tidak memiliki piihan lain ketika membeli barang.
c. Keuntungan terpusat pada satu perusahaan.
d. Harga ditentukan perusahaan.
e. Persaingan melalui iklan sangat kuat.
5. PT PLN adalah salah satu contoh pasar monopoli. Monopoli PLN diperoleh dari..
a. Trust
b. kartel
c. kewenangan pemerintah
d. hak cipta
e. hak paten
6. Pasar yang pembentukan harganya ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran serta memperjualbelikan barang yang bersifat homogen sehingga pembeli dan penjual tidak dapat memengaruhi harga merupakan ciri pasar ...
a. Monopoli
b. Monopolistik
c. Monopsoni
d. Persaingan sempurna
e. Oligopoli
7. Suatu pasar yang didalamnya terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang serupa, tetapi memiliki perbedaan pada beberapa aspek adalah pengertian dari pasar...
a. Monopoli
b. Persaingan sempurna
c. Persaingan monopolistik
d. Oligopoli
e. Monopsoni
8. Pasar monopoli adalah pasar yang ...
a. Didalamnya hanya terdapat satu orang atau satu perusahaan yang memasok suatu barang atau jasa yang tidak mempunyai barang atau substitusi yang diket
b. Didalamnya hanya terdapat satu pembeli dan yang menentukan harga adalah pembeli
c. Pemasok barangnya hanya 4 atau 5 perusahaan dan barang yang diperdagangkan bersifat homogen
d. Harga jual nya di pengaruhi oleh pembeli yang hanya terdiri dari satu perusahaan, tetapi barang yang disediakan beraneka ragam
e. Didalamnya terdapat banyak pembeli dan penjual yang memperjualbelikan barang yang
relatif sama,tetapi memiliki ciri khusus
9. Barang yang diperdagangkan homogen dan sulit dibedakan; informasi pasar lengkap serta harga tidak dapat dipengaruhi oleh pihak manapun adalah ciri pasar...
a. Monopoli
b. Persaingan monopolistik
c. Persaingan sempurna
d. Oligopoli
e. Monopsoni
10. Perusahaan monopoli timbul karena ...
a. Ada satu peruahaan yang bersedia menjual suatu produk atau jasa sebesar harga pokok
b. Mendapat hak paten untuk memproduksi suatu barang atau jasa yang tidak memiliki barang substitusi yang dekat
c. Memiliki politik dagang yang mula-mula menjatuhkan harga setelah perusahaan lainnya bangkrut sehingga perusahaan itulah yang menguasai penawaran barang disuatu pasar
d. Pasar begitu kecil dan pemasokan nya sekitar 8-10 perusahaan
e. Ada perusahaan yang dapat menjual barang dibawah harga pasar dalam waktu relatif lama
11. Salah satu perbedaan pasar persaingan monopolistik dan pasar monopoli adalah...
a. Jumlah pelaku pasar
b. Jumlah konsumen
c. Jenis barang
d. Cara pemesanan barang
e. Layanan purnajual
12. Berikut ini yang bukan ciri-ciri pasar monopoli adalah ...
a. Hanya ada satu orang atau perusahaan penjual
b. Terdapat banyak pembeli
c. Produknya tidak memiliki barang substitusi yang dekat
d. Ada hambatan untuk masuk pasar
e. Barang yang diperdagangkan juga dijual oleh banyak penjual
13. Hal-hal yang ada pada suatu pasar:
1) Barang yang diperdagangkan tidak memiliki barang substitusi yang dekat
2) Banyak pembeli dan banyak pula penjual
3) Hanya ada satu perusahaan yang menguasai penawaran suatu barang, dan
4) Barang yang diperjualbelikan bersifat homogen dan sulit di bedakan
Ciri pasar untuk perusahaan monopoli ditunjukkan pada nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 3 dan 4
14. Ciri-ciri yang terdapat pada suatu pasar :
1) Banyak pembeli dan penjual.
2) Barang yang ditawarkan sama, tetapi berdeda pada kemasan, cara layanan purna jual dan lain-lain.
3) Barang yang ditawarkan bersifat homogen dan sulit dibedakan.
4) Ada hambatan untuk masuk pasar, dan
5) Produsen harus aktif melakukan promosi.
Ciri pasar persaingan monopolistik kategorikan pada nomor ...
a. 1,2, dan 3
b. 1,2, dan 4
c. 1,2, dan 5
d. 2,4, dan 5
e. 3,4 ,dan 5
15. Kurva untuk memperoleh laba maksimum dan titik pulang pokok pada pasar monopoli terjadi pada saat...
a. MC = MR
b. MR = D
c. MC = AC
d. MR = P + Q
e. MC = P X Q
16. Model Cournot dapat diterapkan dengan asumsi di pasar oligopoli terdapat.....
a. Satu perusahaan
b. Dua perusahaan
c. Lebih dari 10 perusahaan
d. Antara 3-10 perusahaan
e. Lebih dari 30 perusahaan
17. Berikut ini yang bukan ciri pasar monopoli adalah ...
a. Adanya hambatan untuk masuk dalam pasar monopoli
b. Terdapat banyak pembeli
c. Hanya ada satu perusahaan atau satu orang penjual
d. Barang yang diperdagangkan bersifat homogeny dan banyak penjualnya.
e. Produk pada pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti yang dekat
18. Ciri-ciri pasar sebagai berikut:
1) Hanya ada satu perusahaan yang menguasai penawaran suatu barang
2) Perusahaan yang terjun dipasar antara 2-10 perusahaan
3) Tindakan suatu perusahaan memengaruhi tindakan perusahaan lainnya
4) Harga ditentukan oleh satu perusahaan
Ciri pasar oligopoli ditunjukkan oleh nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 2 dan 4
19. Berikut ini adalah nama-nama perusahaan.
1) PT Pos Indonesia
2) PT Astra Internasional
3) PT Kereta Api Indonesia
4) PT HM Sampoerna
Perusahaan monopoli ditunjukkan pada nomor ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 3 dan 4
20. Produk pada Warung Makan Sederhana yang mengelola Masakan Padang, lebih tepat dimasukkan pada pasar….
a. Oligopoli
b. Monopoli
c. Persaingan monopolistik
d. Persaingan sempurna
e. Monopsoni
B. Essay
1. Apa yang dimaksud dengan pasat Oligopoli dan tuliskan ciri-ciri pasar oligopoli (min 3 buah) !
2. Bagaimanakah harga bisa terbentuk di pasar persaingan sempurna? Jelaskan jawaban kamu!
3. Berikan contoh produk pada pasar persaingan monopolistik dan faktor apa saja yang memperngaruhi pasar persaingan monopolistik (tuliskan min 3 buah)?
4. PT. Dalle Perkasa sebuah perusahaan monopoli memproduksi sebuah alat “ANTI NYONTEK” dengan kapasitas produksi pada tahun 2016 sebesar 100 ribu unit. Harga per unit alat tsb adalah Rp.5.000. dan pada tahun 2017 kapasitas produksi 200 ribu unit dengan harga per unit Rp.10.000. Hitunglah :
a. Total Revenue PT. Dalle Perkasa tahun 2016 dan 2017 jika semua barang yang diproduksinya habis terjual!
b. Marginal Revenue periode 2016-2017
c. Marginal Cost pada posisi laba maksimum periode 2016-2017!
5. Dari soal no.4. seandainya perusahaan ingin mendapatkan Total Revenue sebesar Rp.4 Milyar di tahun 2018 dengan kemampuan produksi 400 ribu unit, hitunglah :
a. harga jual yang harus ditetapkan untuk per satuan unitnya?
b. Marginal Revenue periode 2017-2018
c. Marginal Cost pada posisi laba maksimum periode 2017-2018!
Post a Comment